Bergigi dan Bergigi

Tugas Kuliah Fitogeografi

oleh : Bapak Atus Syahbudin

website : http://atus.staff.ugm.ac.id/

Tepi daun adalah bentuk tepian daun yang dibedakan dalam dua jenis yaitu Rata dan Bertoreh. Tepi daun dipengaruhi oleh Sinus dan Angulus. Sinus adalah sudut tonjolan yang membentuk tepi daun, sedangkan Angulus adalah sudut toreh yang membentuk tepi daun. Pada jenis tepi daun Bertoreh terdapat beberapa jenis yang dibedakan menurut Sinus dan Angulus yang terbentuk. Beberapa jenis tepi daun bertoreh adalah sebagai berikut.

  1. Toreh daun mempengaruhi

Toreh daun yang terbentuk pada toreh ini mempengaruhi bentuk daun sehingga dinamai Toreh daun mempengaruhi. Dari dua jenis Toreh diatas terdapat masing-masing bentuk daun yang termasuk dalam kedua jenis toreh tersebut. Pada Toreh Merdeka seperti bergerigi, bergigi ganda, bergigi, beringgit, berombak. Agar lebih memahami bentuk tepi daun ini maka akan dijelaskan seperti dibawah ini:

  1. Bergerigi (serratus) adalah bentuk tepi daun yang merupakan bagian dari toreh merdeka. Bentuk khusus dari toreh ini dapat di jelaskan dengan melihat sinus dan angulus yang membentuk. Pada bergerigi besar singus dan angulus yang terbentuk adalah sama. Contoh tanaman yang memiliki bentuk tepi daun bergerigi seperti Lantana camara.
    solanum-melongena-l
  2. Bergigi (dentatus) adalah bentuk tepi daun yang merupakan bagian dari toreh merdeka. Bentuk yang terbentuk dari bergigi juga dipengaruhi oleh sinus dan angulus. Pada type tepi daun bergigi pada sinus memiliki sudut tumpul sedangkan pada angulusnya runcing. Contoh tanaman yang memiliki tepi daun bergigi adalah Pluchea Indica
    lantana-camara-l
  3. Bergerigi ganda (serratus) adalah bentuk tepi daun yang menyerupai bergerigi hanya berbeda pada gerigi yang ada angulusnya cukup besar dan tepinya bergerigi lagi.
  4. Beringgit (creanatus) adalah salah satu bentuk tepi daun yang memiliki bentuk berkebalikan dengan beregerigi karena sinus-nya yang runcing sedangkan angulus-nya yang tumpul. Bentuk tepi daun seperti ini biasa kita temui pada tanaman cocor bebek(Kalanchoe pinnata Pers).
  5. Berombak (repandus) adalah bentuk tepi daun yang mempunyai angulus dan sinus yang sama-sama tumpul sehinggu bentuk tepi daunnya menjadi seperti ombak. Contoh tanaman yang memiliki tepi daun seperti ini adalah Air Mata Pengantin(Antigonon leptopus Hook et. Arn).

Sesuai tugas yang diberikan Bapak Atus Syahbudin untuk menjelaskan apa perbedaan tepi daun bergerigi dan dan bergigi maka dengan memahami jenis tepi daun yang telah dijelaskan diatas ditambah beberapa jenis tepi daun yang lain agar mudah membedakannya. Tepi daun bergerigi adalah jenis tepi daun yang memiliki sudut sinus dan angulus yang memiliki keruncingan yang sama sedangkan tepi daun bergigi yang memiliki sinus tumpul sedang angulusnya runcing. Demikian perbedaan dari tepi daun bergerigi dengan tepi daun bergigi yang dibedaan berdasarkan besar kecil sudut yang dibentuk oleh sinus dan angulus pada tepi daun. Sinus dan Angulus merupakan sudut-sudut yang membentuk tepi daun, pada sinus membentuk tepi daun dari arah luar ke arah dalam atau menuju helaian daun sedangkan pada angulus adalah sudut yang terbentuk dari arah dalam ke arah luar atau dari helaian ke arah tepi daun.

Ridwan Guntoro

16/405688/KT/08387

Leave a Reply

Your email address will not be published.